YUPPENTEK adalah kepanjangan dari Yayasan Usaha Peningkatan Pendidikan Teknologi berdiri tangal 16 Januari 1968 .Pada awalnya berdiri adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja seiring dengan perkembangan industri di Tangerang ,Kini sudah 53 Tahun berdiri YUPPENTEK telah berkembang menjadi 17 unit kerja terdiri dari 1 Madrasah Ibtidaiyah, 4 SMP, 4 SMA, 7 SMK, 2 Perguruan Tinggi, yang tersebar di dua wilayah Daerah Tingkat II yaitu Kabupaten dan Kota Tangerang, yang berada di Kecamatan Tangerang, Ciledug, Balaraja, Curug, Legok dan Batu Ceper, salah satu SMA Yuppentek 1 Tangerang yang didirikan di Komplek Perkantoran Cikokol Kecamatan Tangerang Kota Tangerang.

SMA Yuppentek 1 didirikan pada tanggal 18 Agustus 1983. Sekolah ini dibangun diatas tanah seluas 5.590 M2 berlokasi di jalan Perintis Kemerdekaan I nomor 1 Kota Tangrang, dengan  status hak guna bangunan (HGB) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tanggal 26 Februari 1986 nomor: SK.17/HP/DA/86.

PERKEMBANGAN SEKARANG

Sejak berdirinya,  SMA Yuppentek 1 Tangerang mengalami perkembangan yang cukup pesat sebagai bukti kepercayaan masyarakat terhadap kehadiran SMA Yuppentek 1. Kini SMA Yuppentek 1 menjadi pilihan alternatif bagi siswa/orang tua siswa yang ingin memperoleh pendidkan yang lebih baik mengingat di sekolah ini terdapat fasilitas penunjang pendidikan yang memadai bahkan memiliki beberapa kelebihan dari sekolah lain yang setingkat dan ditunjang dengan guru-guru yang bekualitas.

Kini SMA Yuppentek1 Tangerang telah berusia 37 tahun dan telah meluluskan 14.195 yang tersebar diseluruh Indonesia dan diberbagai instansi negeri maupun swasta, berkeinginan mewujudkan harapan masyarakat. Dari tahun ke tahun senantiasa berupaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan dengan cara melakukan pelatihan dan pendidikan serta peningkatan kesejahteraan guru. Dalam penerimaan peserta didik  baru 

( PPDB ) berusaha untuk meningkatkan mutu calon  siswa baru, dengan memperhatikan nilai kelulusan SMP siswa yang mendaftar. Peningkatan  sarana prasarana, disiplin guru, pegawai, siswa, dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa sehingga diperoleh mutu lulusan yang diterima diperguruan tinggi negeri maupun kedinasan.