Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia - SMA YUPPENTEK 1

SMA YUPPENTEK 1

INFO

BERITA DAN KEGIATAN

Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia

SMA Yuppentek 1 Tangerang, sekaligus juga dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, maka kami mengadakan Lomba Bulan Bahasa bertemakan “Semangat Untuk Indonesia” pada hari kamis, 28 Oktober 2021.

Pada bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa dan Sastra Indonesia, dan Negara Indonesia memperingatinya setiap tahun. Lalu mengapa harus di bulan Oktober? Penetapan bulan bahasa dan sastra Indonesia pada bulan Oktober merujuk pada sejarah Bangsa Indonesia yang bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober. Sejak dibacakan teks isi sumpah pemuda pada Kongres Pemuda II pada tahun 1928, maka sejak itulah Bangsa Indonesia menetapkan bahasa resmi yang digunakan untuk bermasyarakat adalah Bahasa Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Bangsa Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, dan bahasa. Tercatat kurang lebih terdapat 652 bahasa daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, Negara menetapkan bahasa persatuan kita adalah Bahasa Indonesia. Dengan ditetapkannya bahasa persatuan rakyat Indonesia ini, diharapkan komunikasi antarwarga negara menjadi lebih mudah dan lancar. Dengan begitu, Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi lebih mudah untuk diraih.

Sebagai langkah menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta akan berbahasa Indonesia pada diri siswa SMA Yuppentek 1 Tangerang, sekaligus juga dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, maka kami mengadakan Lomba Bulan Bahasa bertemakan “Semangat Untuk Indonesia” pada hari kamis, 28 Oktober 2021. Jenis perlombaan ini meliputi lomba baca puisi dan lomba pidato/ ceramah.

Marilah kita mulai dari Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia ini kita melakukan yang terbaik dengan menanamkan kebanggaan berbahasa Indonesia pada diri sendiri, juga kepada orang lain. Dirgahayu Bahasa dan Sastra Indonesia! Selamat hari Sumpah Pemuda!

Penulis: Cindy Permatas