Apa itu Sekolah Penggerak? - SMA YUPPENTEK 1

SMA YUPPENTEK 1

INFO

BERITA DAN KEGIATAN

Apa itu Sekolah Penggerak?

Sekolah Penggerak adalah salah satu kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Mendikbud. Apa itu Sekolah Penggerak? Bagaimana ciri-ciri sekolah penggerak? Apakah bisa menjadi solusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah? Semua itu akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Program Sekolah Penggerak itu seperti apa?

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

 

 

 

Apa saja ciri-ciri Sekolah Penggerak?

Menurut Mendikbud, berikut adalah ciri-ciri dari sekolah penggerak :

1. Memiliki kepala sekolah yang mengerti proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan guru

Kepala sekolah di sekolah penggerak tidak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, melainkan juga bisa mengerti proses pembelaharan siswa dan menjadi mentor untuk guru-guru di sekolah.

2. Berpihak pada siswa
Sekolah penggerak memiliki guru yang berpihak kepada anak. Sekolah penggerak memiliki guru yang mengerti bahwa setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda.

3. Menghasilkan profil siswa
Sekolah penggerak mampu menghasilkan profil siswa yang berakhlak mulia, independen dan mandiri, punya kemampuan bernalar kritis, kreatif, gotong royong dan punya rasa kebinekaan dalam negara dan global.

4. Dukungan komunitas
Sekolah penggerak memiliki komunitas di sekeliling sekolah yang mendukung proses pembelajaran di dalam kelas.

 

Bagaimana dengan efektivitas sekolah penggerak dalam peningkatan kualitas pendidikan? 

Program sekolah penggerak ini memang masih baru diluncurkan. Namun melihat tujuan dan bentuk-bentuk program yang dilaksanakan, sekolah penggerak bisa menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas pendidikan.

Dimana kualitas pendidikan diukur dari kualitas murid, guru sebagai fasiltator dan sekolah sebagai tempat yang mendukung proses pendidikan berjalan dengan baik.