Pelaksanaan Proyek P5 Pekabara dan Pekadiri Kelas X dan XII - SMA YUPPENTEK 1 Pelaksanaan Proyek P5 Pekabara dan Pekadiri Kelas X dan XII

SMA YUPPENTEK 1

INFO

BERITA DAN KEGIATAN

Pelaksanaan Proyek P5 Pekabara dan Pekadiri Kelas X dan XII

Pada tanggal 28 Agustus - 8 September 2023 SMA Yuppentek 1 melaksanakan proyek P5 dengan tema penguatan karakter disiplin dan Mandiri (PEKADIRI) dan Penguatan Karakter Bela Negara (PEKABARA) yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 12 dan 10.

Pada tanggal 28 Agustus – 8 September 2023 SMA Yuppentek 1 melaksanakan proyek P5 dengan tema penguatan karakter disiplin dan Mandiri (PEKADIRI) dan Penguatan Karakter Bela Negara (PEKABARA) yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 12 dan 10. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari sekolah kami yang sudah menerapkan kurikulum penggerak.

Kepala sekolah sma yuppentek 1 Bapak Ir. H. Nardi, M.Si berharap kegiatan ini dapat menyiapkan generasi emas di tahun 2045 untuk dapat menjadi generasi yang unggul dalam beriman dan bertaqwa, bergotong royong, sopan dan santun, serta memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan indonesia. 

pada kegiatan ini, kami bekerja sama dengan beberapa narasumber profesional dibidangnya untuk memberikan materi terkait penguatan karakter, kemampuan bertahan hidup, bahaya narkoba, pornografi dan pemaparan materi tentang sex education. Khusus untuk penguatan karakter kami bekerjasama langsung dengan TNI-AD yang secara langsung mengajarkan anak untuk menjadi karakter yang disiplin, bertanggung jawab, bergotong royong, dan memiliki jiwa kepemimpinan, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

Pekabara dan Pekadiri merupakan proses dimana peserta didik kelas X dan XII dapat memiliki kemampuan dalam membela negara. Khusus kelas XII, harapan kami peserta didik memiliki kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri karena sebentar lagi mereka akan melanjutkan ke jenjang kuliah. Sehingga dengan ikut serta di kegiatan ini mereka lebih siap dalam menghadapi persaingan yang akan mereka hadapi sebentar lagi di masa depan.

“Harapan kami tentunya agar anak2 memiliki karakter yang baik untuk dimasa yang akan datang khususnya kelas 12 karena ini adalah momen yang tepat untuk bekal mereka agar mereka siap untuk menjalani tantangan hidup yang lebih keras lagi di masa mendatang.” Harapan ini disampaikan langsung oleh ketua komite pembelajaran yaitu Ibu Alwanih, S.pd.

Selama kegiatan ini berlangsung kami dapat melihat langsung perubahan karakter pada siswa dan siswi kami khususnya kelas X dan kelas XII. Mereka jadi lebih bisa menghargai guru, disiplin, dan bahkan perubahan yang paling terlihat adalah peserta didik laki-laki kini merapihkan rambutnya sesuai dengan aturan sekolah yang berlaku secara serentak. Semoga perubahan karakter pada peserta didik dapat terus bertahan dan kekal abadi dalam pribadi masing-masing agar kelak bisa menjadi generasi yang unggul dalam beriman dan bertaqwa, bergotong royong, sopan dan santun, serta memiliki rasa cinta terhadap bangsa seperti harapan yang utarakan oleh kepala sekolah SMA Yuppentek 1. (CIN)

Photo taken by AB and Tour Travel.

Writer: Cindy